Pendakian Gunung Merbabu Via Gancik Selo, Boyolali

Pendakian Gunung Merbabu Via Gancik selo.


         Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.
· Jalur Pendakian Gunung Merbabu:
1. Jalur Kopeng-thekelan
2. Jalur kopeng-cunthel
3. Jalur selo
4. Jalur gancik selo
5. Jalur suwanting
6. Jalur wekas.
Untuk Pendakian Melalui Gancik Selo ini masih cukup baru ya ,karena belum ada 1 tahun. Dan jalur ini merupakan jalur yang juga dekat dekat jalur resmi selo. Untuk Kalian Perlu tau tentang Jalur ini yang memang bisa terbilang aneh tapi asik.. hehe:

1. Jalur ini masih terbilang baru dan masih belum banyak pendaki yang melewati jalur ini.
2. Ada pos yang jaraknya hanya 50 meter
3. Jalurnya tidak terlalu ekstreme ada yang beberapa terlalu menanjak ya kalo dikira muka ketemu dengkul lah .. haha.

Nah itu merupakan beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui dari jalur ini. Sekarang saya akan menjelaskan estimasi biaya serta transportasi mulai dari kota saya di bekasi.


1. Pertama saya memulai perjalanan melalui bis dan juga kereta.

* Saya akan memulai dari bis. Dari bekasi saya menggunakan bis malam di terminal bekasi dengan jurusan Solo – Semarang tetapi saya bisa turun di boyolali. Harga bis ini terbilang cukup mahal kalo dengan calo , dia bisa menipu dengan segala cara jika kalian di minta hingga 200rb lebih baik jangan mau jika bukan eksekutif lebih bagus sih menggunakan kereta yang lebih terjangkau dan lebih hemat . ok back to topic saya kena harga bis 140rb . lebih bagus kalian langsung ke pull bis nya jangan ke calo




* Perjalanan menggunakan Kereta, nah ini lebih murah gaes ,saya juga lebih senang kereta api daripada bis. Jika kalian menggunakan kereta pilih jurusan Lempuyangan (jogja). Dengan harga 74 rb. Murah kan bro. Setelah itu gunakan lah trans jogja dengan berjalan sedikit ke haltenya ,harga transjogja ini sama dengan transjakarta bro Rp.3.500 saja. Setelah naik pilih jurusan yang ke terminal jogja. Setelah itu naik bis jurusan jogja - solo , (jika ada ke boyolali lebih baik langsung ke arah boyolali saja ) sekitar 15rb. Setelah naik jogja – solo turun lah di terminal tirtonadi solo. Selanjutnya naik bis yang ke arah boyolali 10rb.



2. Dari Terminal Boyolali – Basecamp

Perjalanan dari terminal boyolali ke basecamp dapat ditempuh menggunakan bis dari terminal ke pasar cepogo 20-30rb, dilanjut dengan ojek / bis kecil ,biasanya ada akses yang langsung ke selo menggunakan bis dan turun di polsek selo, karena sedang ada jembatan rusak jadi akses jalan terputus yang ke arah selo dan hanya bisa di lalui 1 motor saja. Jadi saya memutuskan menggunakan ojek langsung ke basecamp gancik selo dari pasar cepogo 40rb.
Namun jika agan abang mba sekalian bersama rombongan banyak 5-10 orang lebih baik menggunakan bis kecil dari terminal langsung ke basecamp 50-60 per orang jadi lebih hemat jika banyak orang menggunakan bis kecil. Setelah sampai basecamp gancik selo , registrasi lah ke penjaga basecamp 15rb.

3. Memulai pendakian. Pos 1-2(1,5 jam)
Saya memulai pendakian yang cukup ekstrem waktu itu karena perjalanan tertutup kabut dan juga hujan jadi tidak sempat foto tempat – tempat di sana. Di awal pendakian trek tidak terlalu terjal agak landai sekitar 1,5 jam sampai pos 1 agak jauh memang tetapi tidak terlalu terjal hanya ada beberapa yang treknya memang terjal menanjak sisanya landai.

4. Pos 2 ke 3 ( 40 menit )
Perjalanan cukup melelahkan ke pos 1 , lanjut pos 2 ke 3 sekitar 40 menit cukup melelahkan ditambah kedinginan dari hujan yang anginnya berhembus bercabang haha… dan treknya juga udah lumayan bikin kaki gemeter..

5. Pos 3 ke puncak bayangan (30 menit)
Dari pos 3 udh lumayan kebayang puncak puncak puncak … tapi kalo di liat ternyata masih bayangan aduuh masih bayangan tapi udh lumayan sabana sabana yuhuu.. di sinilah saya mendirikan tenda karena dia sabana 2 sampe puncak udh banyak tenda jadi saya dibawah , di tambah gagal muncak karena ujan dan kedinginan haha.

Nah saya kira itu saja perjalanan yang saya punya miris memang tidak menuju puncak dan juga menjadi PR saya juga haduuuh.. udah kaya ulangan aja ini sih jadi remedial bro.. hehe terimakasih dan salam lestari bro.. Share If you want .....


0 Response to "Pendakian Gunung Merbabu Via Gancik Selo, Boyolali"

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Hai? saya Rizky ,saya buat blog ini hanya untuk kesenangan saya sendiri dan juga untuk membagikan ilmu yang sedikit saya punya.